Cara Mengatasi BBM Yang Sering Pending dan Error Dengan Mudah

CaraBlogIT.com - Blackberry Messenger atau yang lebih familiar dengan singkatan BBM merupakan aplikasi messenger yang memiliki banyak pengguna di indonesia. Walaupun begitu aplikasi ini masih sering error saat digunakan, seringkali ketika ingin mengirim sebuah pesan pada aplikasi bbm, pesan tersebut tidak langsung terkirim melainkan masih pending dengan simbol centang dibawahnya.

cara mengatasi bbm pending error di android

Jika pesan bbm pending, maka yang perlu anda cek untuk pertama kali adalah sambungan data anda, jika koneksi anda Jamkot / centang / pending saat digunakan untuk mengirim pesan bbm namun lancar saat digunakan untuk browsing dan download maka penyebab bbm centang tersebut bukanlah berasal dari koneksi anda yang lemot / lambat, bisa jadi dikarenakan aplikasinya sendiri dan bisa juga dikarenakan ponsel anda sendiri.
Baca JugaGame Android Edukasi / Game Mendidik Terbaik Untuk Anak 

Oke langsung saja, buat kalian yang sedang memiliki masalah seperti di atas, Berikut ini adalah beberapa cara sekaligus tips agar pengiriman pesan bbm anda tidak sering pending / centang & Jamkot melainkan akan langsung terkirim dan akan ada simbol D berwarna biru.

Cara Mengatasi BBM Pending Dan Error Pada Android

1. Cek sambungan data anda
Seperti yang sudah saya katakan tadi, langkah awal yang pelu anda cek saat bbm pending adalah koneksi jika koneksi anda stabil saat digunakan ber internet dan hanya lambat saat bbm saja, maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan pengaturan proxy dan port pada pengaturan koneksi anda.

Biarkan pengaturan proxy dan port koneksi anda tersetting secara otomatis oleh provider yang anda gunakan, jika tidak begitu paham tentang proxy dan port internet jangan mengubahnya sama sekali jika tidak menginginkan pengiriman pesan bbm anda menjadi pending. Jika sudah terlanjur berikut ini adalah cara mengatasinya!

Masuk ke setting → Lainya → Jaringan sellular → Pilih Access point name → Pilih pengaturan APN yang tersedia.
cara mengatasi bbm pending error di android

Silahkan hapus port dan proxy yang pernah anda setting, jika anda merasa tidak pernah mengubahnya ataupun masih pending setelah dihapus, maka silahkan baca langkah selanjutnya!

2. Hapus Cache BBM secara berkala
Cache merupakan bekas penyimpanan data sementara ketika anda menggunakan aplikasi pada android, walaupun cache dapat mempercepat proses terbukanya aplikasi yang berlulang ulang, penyimpanan cache yang terlalu besar akan berdampak buruk terhadap kinerja ponsel maupun aplikasi yang anda gunakan. Berikut ini adalah tata cara menghapus cache bbm pada ponsel android:

Masuk ke setting → Aplikasi → Cari dan klik aplikasi BBM.
cara mengatasi bbm pending error di android

Selanjutnya klik "Hapus cache" dan "Paksa berhenti" aplikasi bbm anda.
cara mengatasi bbm pending error di android

Jika sudah, silahkan buka dan cobalah mengirim pesan menggunakan aplikasi bbm yang ada pada ponsel android anda. Jika masih belum berhasil silahkan lanjut ke info yang ke-3.

3. BBM Pending Karena Aplikasi Error
Jika kedua cara diatas gagal, maka sudah dapat dipastikan bahwa memang aplikasi bbm anda yang error. Secara umum ada 2 penyebab aplikasi bbm anda error saat mengirim pesan pada android, yaitu : aplikasi error karena aplikasi tidak resmi dan aplikasi error karena menggunakan versi bbm yang paling lama.

Jika kalian menggunakan aplikasi bbm yang tidak resmi entah itu aplikasi bbm yang memiliki tema ataupun editam hasill mood yang tidak dipastikan ke legalitasnya maka segeralah ganti aplikasi tersebut dengan aplikasi bbm resmi yang berasal dari google playstore.

Sedangkan jika kalian menggunakan aplikasi bbm yang versi lama karena takut lag jika upgrade versi terbaru maka gantilah aplikasi bbm tersebut dengan bbm versi 2.5.1 yang biasa dan bukan hasil modding, karena selama saya menggunakan aplikasi bbm versi tersebut bbm saya tidak pernah lagi error dan lag saat menggunakannya.
Download bbm versi 2.5.1 disini.

Nah itulah tata cara mengatasi bbm yang sering error dan pending pada ponsel android. Jika kalian ingin menggunakan 2 aplikasi bbm pada 1 hp android tanpa ribet silahkan baca Cara Memasang 2 Aplikasi BBM di Android yang telah saya bahas pada postingan sebelumnya.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan, apabila da pertanyaan ataupun hanya sekedar ingin mengemukakan pendapat yang sesuai dengan artikel ini silahkan menuliskannnya pada kolom komentar. Sekian dan terima Kasih :)

0 Response to "Cara Mengatasi BBM Yang Sering Pending dan Error Dengan Mudah"

Posting Komentar

Sejauh ini hanya kurang dari 20% komentar cerdas yang di-approve. Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini.