Cara Menyimpan File di Internet Melalui Google Drive Dengan Mudah

CaraBlogIT.com - Di internet, sekarang sudah tersedia banyak sekali penyimpanan - penyimpanan file secara online, yang baik yang berbayar maupun tidak. Contoh penyimpanan file yang membayar usernya ketika di download adalah TusFiles.net yang sudah saya berikan informasi nya beberapa bulan yang lalu...

Namun amankah situs - situs penyimpanan tersebut ? Mungkin sangat aman untuk sementara ini, tapi tidak menutup kemungkinan untuk kedepannya. Misalkan, ketika nantinya sudah banyak file yang sobat simpan di situs penyimpanan tersebut, tapi akhirnya akun sobat di suspend tanpa alasan yang jelas dan akhirnya semua file - file yang sobat simpan akan lenyap.

Apa yang sobat rasakan ? Tentu saja sangat kecewa. Misalkan sobat memiliki sebuah blog atau situs download dan sobat menyimpan file downloadnya di situs yang disuspensi tersebut. Apa yang terjadi ? Link download di blog sobat akan menjadi rusak dan ini dianggap sebagai broken link oleh mesin pencari dan bisa saja blog atau situs sobat menjadi jelek di mata mesin pencari tersebut.

Namun sobat tidak perlu khawatir lagi, karena di luar sana masih ada situs penyimpanan online yang lebih aman, salah satunya adalah Google Drive. Nah pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara menyimpan file di google drive.

Seperti yang kita tahu, Google adalah situs terbesar di dunia saat ini. Jadi tentu semuanya akan menjadi lebih aman jika dengan Google. Termasuk penyimpanan file kita.
Apa saja keuntungan yang kita dapat jika menyimpan file di Google Drive ?
Ada banyak sekali keuntungan yang kita dapat dengan menyimpan di Google Drive walaupun tidak dibayar, dan berikut adalah beberapa keuntungan dengan menyimpan file di google drive.

  1.  Penyimpanan Gratis Sebesar 15 GB. Untuk sobat yang mempunyai blog download sangat cocok jika menggunakan Google Drive ini. Penyimpanan gratisnya sangatlah besar mungkin tidak akan habis jika kita gunakan. Namun apabila sobat masih kurang dengan 15 GB itu, sobat bisa menambahnya lagi dengan membayar ke Google, dengan rincian harga sebagai berikut.
    • 100 GB 1,99 / Bulan
    • 1 TB 9,99 / Bulan
    • 10 TB 99,99 / Bulan
    • 20 TB 199,99 / Bulan
    • 30 TB 299.99 / Bulan
    Wow.. bagaimana dengan harga - harga tersebut sobat ? Mungkin bagi sobat yang memiliki kantong tebal bisa membeli penyimpanan tambahan tersebut, bagi yang masih kere seperti saya ini 15 GB saja rasanya sudah sangat banyak.
  2. Mendukung Berbagai Ekstensi File. Google drive dapat mendukung banyak format file untuk penyimpanan kita. Seperti yang sudah saya baca di Google Drive, Google Drive tidak memperhitungkan jenis file yang akan disimpan. Semua jenis file dapat disimpan oleh Google Drive.
  3. Mudah Di Akses Dan Di Kolaborasikan Dengan Orang Lain. Di Google Drive, sobat bisa lebih mudah dalam mengakses file yang sobat simpan, begitu juga dengan orang lain. Terutama jika sobat memiliki blog download, orang - orang yang akan mendownload tidak akan kesulitan lagi untul mendownload, karena tampilannya sangat simple,  mudah didownload, dan tanpa iklan. Sobat juga bisa mengajak orang lain berkolaborasi di Google Drive, misalkan untuk mengedit file bersama. Sobat bisa mengaturnya di Google Drive.
  4.   Google Drive Sangatlah Aman. Seperti yang kita tahu, semua produk Google memang terbilang sangat aman, termasuk Google Drive. Tempat penyimpanan file anda akan tetap aman walaupun ada masalah dengn handphone, tablet, atau komputer dan laptop sobat. Ini disebabkan karena Google Drive telah dienkripsi menggunakan SSL, protokol keamanan yang juga digunakan untuk layanan Google lainnya.
  5. Dapat Menyimpan Lampiran Gmail. Jika sobat mendapat email yang berupa lampiran penting, seperti dokumen, foto ataupun yang lainnya, sobat bisa langsung menyimpannya di Google Drive dengan cara mengklik logo Google Drive di lampiran yang ada di Gmail sobat agar file sobat menjadi lebih aman.
  6. Membuat Dokumen Bersama Orang Lain Di Google Drive. Sobat bisa mengandalkan Google Drive untuk membuat suatu dokumen misalkan untuk presentasi. Dokumen ini juga bisa sobat edit bersama orang lain yang sudah sobat tentukan.
  7. Pindai Dokumen. Jika sobat tidak jago dalam membuat file .pdf, sobat juga bisa mengandalkan Google Drive untuk membuatnya. Sobat hanya tinggal mengambil foto dari surat  - surat, kuitansi atau dokumen - dokumen lainnya, yang nantinya akan disimpan oleh google drive sebagai PDF.
  8. Bekerja Offline. Google Drive juga tersedia dalam versi offline, sehingga sobat dapat melihat file yang sobat simpan di Google Drive secara offline termasuk video ikeh - ikeh yang sobat simpan.
Bagaimana sobat ? Sangat banyak bukan keuntungannya ? Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan dari Google Drive, nantinya setelah sobat menggunakan Google Drive juga pasti tahu keuntungannya lagi.
Lalu, bagaimana cara menyimpan file kita di google drive ? Caranya sangatlah mudah. Sobat hanya membutuhkan sebuah akun Google. Sobat belum mempunyai akun google ? Dasar payah, dasar lemah !
Berikut adalah cara membuat akun google dengan mudah.
  1. Masuk ke link ini.
  2. Setelah itu, sobat pilih buat akun.
  3. Kemudian sobat tinggal mengisi semua formulir pendaftarannya, dan jika semuanya sudah selesai, sobat tinggal menekan SIGN UP.
  4. Dan akun sobat pun sudah jani. Bagaimana sobat ? sangat gampang membuatnya.
Setelah akun google telah selesai kita buat, sekarang waktunya berlanjut ke cara  mengakses google drive. Berikut adalah tahap demi tahap yang bahasa kerennya step by step daam menyimpan file di Google Drive.
  1. Pertama, sobat masuk duluk ke google drive, dengan mengakses link ini.
  2. Setelah itu. akan tampil Google Drive seperti di bawah ini.
    Cara Mennyimpan File di Internet Melalui Google Drive Dengan Mudah
  3. Disana sudah terlihat banyak ada menu - menu keren. Untuk membuat folder baru, sobat tinggal pilih Baru > Folder dan lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini.
    Cara Mennyimpan File di Internet Melalui Google Drive Dengan Mudah
  4.  Setelah itu, kita berlanjut untuk menyimpan file kita ke Google Drive.  Caranya pilih Baru > Unggah File dan silahkan pilih file yang mau sobat simpan dari komputer sobat. Untuk mengambil link unduhannya, sobat tinggal mengklik dua kali file sobat.
Bagaimana sobat semua, keren bukan ? Tentu, google drive merupakan tempat penyimpanan yang sangat keren. Sobat tertarik untuk menyimpan file di google drive ? Silahkan ikuti langkah - langkah di atas untuk menyimpannnya.

Demikianlah informasi yang bisa saya berikan, apabila ada pertanyaan ataupun hanya sekedar ingin mengemukakan pendapat yang sesuai dengan isi dari artikel mengenai "Cara Menyimpan File di Internet Melalui Google Drive Dengan Mudah" ini silahkan menuliskannya pada kolom komentar. Sekian dan terima kasih :)

CaraBlogIT.com : Cara Menyimpan File di Internet Melalui Google Drive Dengan Mudah

13 Responses to "Cara Menyimpan File di Internet Melalui Google Drive Dengan Mudah"

  1. jika simpan data di internet berapa lama waktu penyimpanan? mohon petunujuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Google Drive akan disimpan selama akun gmail anda masih aktif

      Hapus
  2. lebih aman
    lebih
    lebih........

    BalasHapus
  3. Trimksh Mas..
    Sbtulx aku dah punxa lama di laptooku tpi aku blm ngerti akripx. Bru stlah bca artikel ini tau kbutuhanx...

    BalasHapus
  4. Yang saya g tahu,, gimana cara bayar kelebihan ruangnya,, misa mau nambah jadi 100gb,, bagi info donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Penyimpanan Yang disediakan habis, mending buat akun gmail baru lagi aja..

      Hapus
    2. Hmmm,, begitu y,, siiip infonya,,

      Hapus
  5. kalo foldernya banyak dan isinya foldernya jg banyak..bisa g tanpa dikompress mnyimpan di google drivenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tapi uploadnya satu persatu..

      Hapus
    2. apakah di jamin keamananya dokumen yang kita simpen

      Hapus
  6. Kalo mau menyimpan postingan gambar di blog ke google drive gimana caranya? Soalnya penyimpanan gambar di picassa udah penuh. Masih newbie jadi masih bingung beud :)
    Mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tinggal upload saja.. nanti gambarnya di embed di bloggernya

      Hapus

Sejauh ini hanya kurang dari 20% komentar cerdas yang di-approve. Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini.