Cara Memasang Layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S Sendiri Dengan Mudah

CaraBlogIT.com - Layar LCD merupakan salah satu komponen ponsel android yang rentan mengalami kerusakan, entah itu pecah, tergores tidak bisa di pencet dan lain lain sebagainya. Oleh karena itu tata cara mengganti layar LCD beserta touchscreennya wajib kita pelajari agar jika suatu saat layar LCD android kalian rusak kalian sudah dapat menggantinya sendiri tanpa bantuan tukang service HP.

Sesuai dengan judulnya yaitu cara memasang layar LCD dan Touchscreen Andromax I3S maka tutorial penggantian layar lcd ini menggunakan HP Smartfren Andromax I3S, walaupun begitu pemasangannya tidak akan jauh berbeda dengan ponsel android layar sentuh laiinnya karena semua komponen layar LCD android merek apapun memiliki susunan atau tata letak komponen yang sama.

Oke langsung saja berikut ini adalah peralatan-peralatan yang diperlukan untuk mengganti layar LCD dan TouchScreen andromax I3S, semua peralatan dibawah ini dapat kalian beli di toko sparepart android dengan biaya yang lebih murah ketimbang dipasangkan langsung oleh tukang service HP.

Peralatan-peralatan yang diperlukan

  1. Obeng plus dan minus ukuran mini
  2. TouchScreen Andomax I3S (Toucscreen = Casing layar depan yang biasa disentuh)
    Cara Memasang Layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S Sendiri Dengan Mudah
  3. LCD Andromax i3S (LCD : Layar yang ada dibelakang TouchScreen)
    Cara Memasang Layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S Sendiri Dengan Mudah
  4. Lem Perekat (Usahakan menggunakan lem perekat yang bagus seperti merek 3M)
  5. Potongan gelas pelastik air mineral (aqua) kecil kecil sebagai pengganjal.

Jika semua peralatan sudah ada langkah selanjutnya adalah memasangnya, berikut ini adalah tata cara memasang LCD dan TouchScreen Andromax I3S, silahkan simak dan ikuti baik baik sesuai petunjuk dibawah ini.

Cara memasang layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S

1. Pertama tama buka semua baut yang terlihat pada bagian luar ponsel anda, setelah itu buka semua baut yang terdapat pada mesin bagian atas dan juga semua socket yang terdapat pada mesin Andromax I3S agar mudah untuk melepasnya.
Cara Memasang Layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S Sendiri Dengan Mudah
2. Selanjutnya cari 2 lubang hitam yang ada di pojok kiri atas lalu tekan dengan obeng dengan perlahan. Lalu selipkan potongan plastik dari depan handphone di pinggir sisi celah toucscreen.
Cara Memasang Layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S Sendiri Dengan Mudah
3. Karena sudah terganjal pelastik maka sebagian layar akan keluar, silahkan tarik secara perlahan lahan sampai terbuka lalu bersihkan lem yang masih menempel.

4. Jika sudah tempelkan lem pada sisi touchscreen secara pelan dan merata. Dan jangan sampai di ulang-ulang karena akan mengakibatkan putus jalur touchscreennya.
Cara Memasang Layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S Sendiri Dengan Mudah
5. Lalu berikan juga sedikit lem pada bagian belakang LCD, tapi jangan ditekan di elus saja.
Cara Memasang Layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S Sendiri Dengan Mudah
6. Jika sudah tempatkan LCD pada dudukannya dengan perlahan, lalu pasang TouchScreen yang sudah dikasih lem perekat pada sisi sisinya.

7. Lalu pasang mesin dan pasang semua socket yang dilepas tadi sesuai dengan lokasinya masing masing dengan rapi dan pas dengan garis putih.

8. Tahap penggantian sudah selesai, nyalakan HP nya untuk membuktikan keberhasilannya. Jika bisa menyala tanpa adanya kendala berarti pemasangannya sudah benar. Silahkan pasang casing beserta baut bautnya.

9. Selesai.

Nah itulah tata cara memasang layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S, apabila anda bingung atau ada kata yang kurang dimengerti silahkan tanyakan pada form komentar. Sekian dan terima kasih :)

CaraBlogIT.com : Cara Memasang Layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S Sendiri Dengan Mudah

7 Responses to "Cara Memasang Layar LCD dan TouchScreen Andromax I3S Sendiri Dengan Mudah"

  1. Pengen coba tapi gk berani :(

    BalasHapus
  2. Mau tanya gan.. I3s ane retak touchscren nya aja apa bsa di ganti touchscren doank..soalnya si tukang service blg harus ganti fullset lcd+touchscren nya sedangkan punya ane lcd nya msh bagus gan..minta saran gan.thx....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tergantung, kalo cuma retak ya ganti touchscreennya saja.. tapi kalo sensor nya rusak / error (saat di klik gak ngerespon apa apa) ya harus ganti semuanya toh mas :)

      Hapus
    2. andromax i3s menggunakan lcd jenis OGS (one Glass Solution), jadi lcd+touchscreen nempel jadi 1. kalo cuma mau ganti ts,untuk ngelepasinnya pakai separator khusus.terus untuk pemasangan lcd & ts juga pakai lem Ultra Violet biar bisa nyatu lagi.

      Hapus
  3. Mau nanya gan kalau kata i3s bisa gk pake touchreen + lcd andromax i3s

    BalasHapus

Sejauh ini hanya kurang dari 20% komentar cerdas yang di-approve. Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini.