Manfaat/kegunaan Beserta Cara Menyumbit url Blog di Google Webmaster Tools

PROBLOGGIT.com - Google Webmaster Tools adalah sebuah situs yang disediakan oleh google yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah web/blog yang sudah terdaftar sebelumnya pada Google Webmaster. Sebagian besar orang pasti tau apa kegunaan Tools ini apalagi mereka yang wesbsite / blognya udah teroptimisasi SEO namun buat orang orang yang baru memulai aktifitas blogging pasti mereka masih bingung mengenai kegunaan/manfaat tools tersebut.


SEO (Search Engine Optimization) dan SERP (Search Engine Result Page) tidak akan berhasil jika blog anda belum terdaftar di Google Webmaster Tools, memang sih walaupun kita tidak menyumbit url blog kita masih akan terindex oleh google, namun hanya sebagian kecil saja yang terindex.
Baiklah langsung to the poin saja sesuai judul "Manfaat Beserta Cara Menyumbit url Blog di Google Webmaster Tools"

Berikut ini adalah beberapa manfaat/kegunaan Google Webmaster Tools yang saya ketahui :

 


1. Konfigurasi (Untuk mengonfigurasi pengunjung blog)
Jadi pada Google Webmaster Tools kita dapat memilih target pengunjung geografis, Kita tinggal pilih negara mana saja yang akan menjadi target pengunjung blog kita.. Jika blog anda berbahasa indonesia ya tinggal pilih negara indonesia saja pada menu tersebut.

2. Kesehatan (Menguji kesehatan blog)
Dengan adanya tab tersebut kita dapat mengetahui url-url yang rusak, kesalahan kesalahan yang terjadi, kesalahan perayapan dan juga kita dapat mengetahui malware, virus atau program yang bebahaya yang menjangkiti website/blog kita.

3. Lalu Lintas (Untuk mengetahui lalu lintas traffic dan total kunjungan blog)
Jadi pada tab tersebut kita bisa melihat kata kunci (Keyword) apa saja yang membuat pengunjung blog masuk dan membaca blog kita, dan tak hanya itu kita juga bisa mengetahui situs situs yang memberi link/ menautkan blog kita pada situsnya beserta total kunjungannya.

4. Pengoptimalan (Untuk mengoptimalkan blog atau website)
Inilah manfaat Google Webmaster Tools yang paling beguna karena pada tab tersebut kita dapat melihat postingan postingan kita yang sudah terindex oleh Google, menghapus link yang rusak (Broken Link), meyempurnakan HTML jadi kita dapat memperbaiki / menghilangkan duplikasi meta tag atau  meta tag dekripsi yang terlalu singkat yang sudah terlanjur terindex di google.


Cara menyumbit url blog ke Google Webmaster Tools :

  • Silahkan kunjungi Webmaster Tools
  • Pastekan url postingan pada kolom yang tersedia
  • Isi Chaptcha, lalu Sumbit.
Nah menurut saya hal itu aja yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan SEO dan SERP blog kita, kurang lebihnya mohon maaf, Sekian dan Terima Kasih.


13 Responses to "Manfaat/kegunaan Beserta Cara Menyumbit url Blog di Google Webmaster Tools"

  1. Wah ternyata banyak juga ya manfaat dari tools tersebut, kirain hanya cuma membantu indexin artikel saja. ternyata banyak manfaat lainnya.. nice info gan,, salam Blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks :)
      makasih sudah mau berkunjung dan memberi komentar pada blog ini.

      Hapus
  2. Wah jadi ini aplikasi yang biasanya digunakan oleh blogger profesional seperti agan, pantesan artikel saya jarang keindex wong saya gakpernah sumbit artikel disitu..
    thanks gan sudah berbagi ilmunya :)
    Salam blogger pekalongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah agan ini bisa aja, saya ini masih belum pro kok, saya juga masih belajar ngeblog, disini saya berbagi yang saya bisa :)

      Hapus
  3. Aku selama ini memang biasa sekali- kali meninjau webmaster Google dan tidak tahu ada fungsi yang tersembunyi di dalamnya. Makasih telah berbagi gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Penyorotan Data itu fungsinya buat apa gan?... di tunggu KUBAnya materi-it.com...

      Hapus
    2. untuk menampilkan statistik penelusuran website agan :)
      Siaap, Meluncur :)
      maaf telat balas, cz pemberitahuannya kegeser dengan pemberitahuan pemberitahuan yang lain :)

      Hapus
  4. Artikelnya sangat bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Tanks, sangat bermanfaat untuk saya yg baru belajar blog...

    BalasHapus
  6. tanya lagi ni kk...
    untuk submit nya tuh tiap hari y kk?
    mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap ada artikel baru, yang di suumbit link postingan artikel baru tersebut

      Hapus

Sejauh ini hanya kurang dari 20% komentar cerdas yang di-approve. Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini.