Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root Dengan Mudah

CaraBlogIT.com - Seringkali ketika melakukan restart pada ponsel android baterai yang awalnya penuh menjadi cuma setengah dan baterai tiba tiba habis ketika digunakan untuk aktifitas ringan seperti browsing dan sms an saja. Bahkan pada kondisi tertentu kapasitas baterai naik naik sendiri padahal anda tidak melakukan charging! jika beberapa kejadian tersebut terjadi pada ponsel android anda, maka sudah dapat dipastikan bahwa statistik baterai ponsel android anda tidak akurat yang menampilkan persentase baterai yang tidak sebenarnya.

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root Dengan Mudah

Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengkalibrasi ulang baterai ponsel android anda, kalibrasi baterai sendiri bertujuan untuk memulai ulang penecekan dan memperbaiki informasi statistik baterai yang salah. Dengan begitu kapasitas baterai akan menjadi akurat kembali dan memunculkan kapasitas baterai yang sebenar benarnya.
Baca juga : Aplikasi Penghemat Baterai Paling Ampuh

Sebelum melakukan kalibrasi baterai pada ponsel android, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Salah satunya adalah mengecek kesehatan baterai android anda, apakah baterai sudah hamil (bergelembung) atau masih baik baik saja! jika bergelembung maka percuma saja kalian melakukan kalibrasi baterai, wong baterainya yg rusak kok bukan statistiknya -_-

Oke langsung saja, buat kalian yang ingin melakukan kalibrasi baterai pada ponsel android, berikut ini adalah tata caranya, silahkan simak dan ikuti baik baik.

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Cara Pertama (Tanpa Aplikasi)
  1. Charge HP Android kamu seperti biasa sampai penuh (100%) dalam keadaan menyala. Jika sudah matikan ponsel android anda.
  2. Ketika dalam keadaan mati, charge lagi HP Android kamu hingga penuh. Jika sudah, nyalain lagi HP kamu, terus charge sekali lagi hingga 100%.
  3. Selanjutnya gunakan ponsel android anda utuk bermain game, nonton youtube dan sebagainya hingga baterai ponsel android kamu habis dan mati mati sendiri. 
  4. Jika sudah lepaskan baterai dan diamkan dulu HP kamu kurang lebih 10-15 menit.
  5. Sekarang charge HP Android kamu dalam keadaan mati hingga penuh lagi. Jangan dinyalain dulu sebelum penuh. Pokoknya sampe bener-bener penuh 100%, jika tidak kalibrasi baterai bisa bisa gagal total.
    Nah sekarang baterai HP Android kamu sudah terkalibrasi secara manual. Lakukan cara ini hingga beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan sebenar benarnya. Jika kalian merasa ribet menggunakan cara ini ada juga cara kalibrasi baterai menggunakan aplikasi yang nggak ribet, berikut ini adalah tutorial yang menggunakan aplikasi.

    Cara Kedua (Menggunakan Aplikasi)
    1. Langkah pertama silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi CurrentWidget: Battery Monitor pada ponsel android kamu. Download aplikasinya disini.
    2. Selanjutnya pasang widget aplikasi tersebut pada homescreen / layar depan ponsel android kamu.
      Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root Dengan Mudah
    3. Jika sudah lakukan pengisian baterai seperti biasa hingga widget tersebut menunjukan isi baterai yang sesuai dengan kapasitas baterai kamu. Misal baterai kamu 1500mAh ya tunggu saja sampai tulisannya 1500mA, paham?
      Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root Dengan Mudah
    4. Jika sudah silahkan restart ponsel android kamu, dengan begitu baterai ponsel android anda sudah terkalibrasi dengan benar dan akan mengatasi beberapa masalah diatas.
    Nah itulah beberapa cara melakukan kalibrasi baterai pada ponsel android, jika kalian sudah melakukannya berulang ulang dan masih merasa bahwa statistiknya error maka baterainya yang harus diganti :v bukan sistemnya yg diperbaiki. oke :D

    Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan, apabila ada pertanyaan ataupun hanya ingin sekedar mengemukakan pendapat yang sesuai dengan isi dari artikel ini. silahkan menuliskannya pada kolom komentar. Sekian dan Terima kasih :)

    0 Response to "Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root Dengan Mudah"

    Posting Komentar

    Sejauh ini hanya kurang dari 20% komentar cerdas yang di-approve. Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini.